Cara Membuat Donat Yang Empuk Dan Lezat

Bagaimana cara membuat donat ? Donat adalah kue favorit hampir semua orang. Bahkan donat sendiri sampai dijual dengan menggunakan merk terkenal. Bagi yang ingin membuat donat, cara membuat donat tidaklah sulit. Bahan-bahannya juga tidak sulit didapatkan. Anda tidak membutuhkan oven seperti roti-roti lainnya. Karena donat cara membuatnya cukup digoreng saja. Untuk taburannya bisa anda pilih sesuai selera anda.
cara membuat donat kentang, cara membuat donat empuk, cara membuat donat goreng, donat sederhana, cara membuat donat ubi, cara membuat kue donat, cara membuat donat yang enak, cara membuat donat singkong,
baca juga : cara membuat bakso

Berikut ini adalah cara membuat donat yang empuk dan lezat.

Bahan yang dibutuhkan:
•½ kg tepung terigu
•11 gram ragi instan
•4sdm gula pasir
•3 sdm mentega
•3 sdm susu bubuk, atau bisa juga susu kental
•200 cc air
•2 sdt garam
•2 butir telur

  1. 2 butir telur dikocok terlebih dahulu. Lalu masukkan gula pasir, garam, mentega, susu, dan tepung terigu. Aduk sampai semuanya merata.
  2. Siapkan ragi dan masukkan ke dalam 200 cc air. Aduk sampai rata lalu masukkan ke adonan pertama tadi. Uleni sampai adonan menjadi kalis. Diamkan di dalam wadah yang tertutup atau menggunakan kain atau serbet basah supaya tidak kering sampai kurang lebih 20 menit hingga adonan mengembang.
  3. Setelah adonan mengembang, ambil adonan sebanyak 1 sendok makan dan dibuat bentuk bulat. Simpan di dalam wadah yang sebelumnya sudah ditaburi tepung terigu agar tidak lengket. Buat bulatan sampai adonan habis.
  4. Jika sudah habis, diamkan selama 20 menit sampai bulatan adonan mengembang.
  5. Panaskan minyak goreng untuk menggoreng donat. Donat yang sudah didiamkan 20 menit dan sudah mengembang dibuat lubang di tengahnya. Lalu goreng dengan api yang kecil. Goreng sampai matang sampai donat berwarna kecoklatan.
  6. Setelah matang, angkat, dan diamkan dulu sampai donat dingin.
  7. Langkah terakhir cara membuat donat yaitu hiasi donat sesuai dengan selera. Bisa ditaburi mesis, selai, gula halus, atau krim coklat.
  8. Donat siap disantap.
Ada beberapa teknik cara membuat donat yang benar. Teknik tersebut antara lain yaitu saat tepung terigu dicampurkan, tepung terigu sebaiknya diayak terlebih dahulu supaya butir-butir tepung terigu dapat terpisahkan dengan yang halus. Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit supaya adonan dapat merata. Saat mengulen bisa menggunakan tangan maupun dengan mixer. Jika menggunakan tangan, gerakannya seperti mencuci pakaian. Adonan ditarik ke depan sambil ditekan sedikit dan dilipat. Begitu terus berulang-ulang sampai adonan menjadi kalis.

Jika menggunakan mixwer, pastikan adonan tidak terlalu panas karena gesekan dari baling-baling mixer. Apabila adonan sudah terlanjur pana, pengulenan dihentikan dan diteruskan dengan menggunakan tangan sampai adonan menjadi kalis. Cara mengetes adonan sudah kalis atau belum adalah adonan diambil sedikit lalu ditarik hingga melebar. Jika adonan sobek berarti adonan belum kalis. Supaya donat tidak banyak minyaknya, gunakan minyak yang padat. Minyak padat dapat cepat membeku di suhu ruangan. Demikian cara membuat donat yang enak dan kenyal. Cara membuat donat enak ini cukup mudah sekali dan dapat dipraktekkan sendiri serta lebih sehat.


Terkait :