Info Tentang, paket unlimited smartfren, paket nelpon simpati loop, cara daftar paket simpati loop, Terbaru

Biografi Eka Tjipta Widjaja, Salah Satu Orang Terkaya Di Indonesia

Mungkin masih banyak beberapa dari kita tidak mengetahui siapa itu Eka Tjipta Widjaja. Beliau adalah salah satu orang terkaya di Indonesia versi Majalah Globe Asia tahun 2010. Dia adalah pemilik dari Grup Sinarmas yang mempunyai kekayaan hingga US$ 4 miliar atau kurang lebih sekitar Rp 36 triliun. Dia merupakan salah satu pengusaha terkaya pada jaman Orde Baru dan sempat mengalami krisis namun berhasil untuk bangkit kembali. Meskipun tidak termasuk dalam daftar 7 orang terkaya versi majalah Forbes 2010, namun beliau masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.
Cara Cepat Kaya, orang kaya di Indonesia, Eka Tjipta Widjaja,
Baca juga : Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Eka Tjipta Widjaja lahir pada tanggal 3 Oktober 1923 berasal dari keluarga miskin. Dia lahir di Coan Ciu, Hokian dan migrasi ke Makassar pada tahun 1931. Saking ekonomi keluarganya tidak mampu, ia dan keluarganya bahkan hanya dapat makan ubi saja dan pernah tidak tamat sekolah dasar. Semasa kecil ia membantu ayahnya berdagang kelontong. Dengan berbekal sepeda dan barang eceran yang ia dapatkan dari toko ayahnya, ia berkeliling menjajakan makanan dari pintu ke pintu. Hingga beberapa tahun kemudian saudaranya ada yang menawarinya untuk menyelesaikan sekolah. Namun karena pada saat itu masih penjajahan Jepang, Eka Tjipta Widjaja kecil belum bisa meneruskan sekolah hingga usia 12 tahun. Setelah itu dia baru bisa melanjutkan sekolah dasarnya.

Semenjak di usianya yang menginjak 15 tahun, jiwa bisnis beliau sudah mulai tumbuh. Di usia tersebut beliau menjajakan makanan kecil. Berbagai pekerjaan pernah ia lakoni. Hingga suatu saat ia mulai berbisnis minyak kelapa dengan modal 4.000 kaleng minyak kelapa. Namun karena masih dikuasai oleh monopoli Jepang, bisnisnya sempat gagal. Lalu ia beralih ke bisnis lainnya yaitu industri rumahan kembang gulan. Hasil dari berbisnis tersebut ia kumpulkan untuk investasi tanah. Hingga usahanya pun mulai berbuahkan hasil. Ia menjadi usaha grosir makanan dan menjadi rekanan CIAD (Corps Intendands Angkatan Darat/TNI). Tidak sampai itu saja. Eka Tjipta Widjaja juga masih menjadi pedagang kopra.

Hingga di tahun 1960, Eka Tjipta Widjaja memilki kebun kopi dan juga kebun karet yang ada di Jember. Selain itu juga ia memiliki pabrik minyak dan penggilingan padi yang ada di Ciluas, Serang. Namun perusahaan yang ia kelola mengalami kerugian dan terpaksa dijual dengan harga separuhnya. Setelah itu ia membangun CV Sinar Mas yang bergerak di bidang ekspor hasil bumi dan juga impor tekstil.

Kemudian ia juga mendirikan PT Tjiwi Kimia yang begerakdi bidang bahan kimia. Yang lalu berkembang menjadi pabrik kertas. Beberapa perusahaan yang ia kelola diantaranya yaitu PT Indah Kiat Pulp & Paper, PT Smart, dan ia sempat memiliki Bank International Indonesia dengan 40 cabang yang memiliki asset hingga 9,2 trilliun. Pemilik Sinar Mas Grup ini juga memiliki ITC Mangga Dua dan juga Green View Apartment. Sekarang Eka Tjipta Widjaja memilki keluarga yang terus mendukungnya. Ia memiliki istri bernama Melfie Pirieh Widjaja dan dikaruniai 7 orang anak. Yaitu Nanny Widjaja, Lanny Widjaja, Jimmy Widjaja, Fenny Widjaja, Inneke Widjaja, Chenny Widjaja, dan terakhir Mellay Widjaja. Demikian biografi Eka Tjipta Widjaja. Semoga bisa menjadi inspirasi.

Terkait :
Biografi Eka Tjipta Widjaja, Salah Satu Orang Terkaya Di Indonesia Rating: 4.5 Posted by: Yunita Fitriyanti