Resep Bubur Ayam Enak dan Praktis

Bubur ayam merupakan salah satu menu sarapan favorit masyarakat Indonesia. Bubur dengan kuah dan ditambah berbagai macam taburan dan isian ini banyak disukai karena mempunyai cita rasa yang khas dan bisa dijadikan pengganjal perut di pagi hari. Dalam tulisan kali ini, penulis akan membahas mengenai resep bubur ayam yang enak tapi mudah dan praktis dalam pembuatannya. Resep ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi Anda ketika akan membuat bubur ayam sendiri di rumah. Sebelum melangkah pada bagaimana cara membuat bubur ayam, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.
resep bubur ayam cina,resep bubur ayam spesial,resep kuah bubur ayam,resep bubur ayam sederhana,resep bubur ayam jakarta,resep cakwe,resep bubur ayam enak,resep bubur ayam betawi,
Baca juga : resep rendang

Bahan Bubur:
200 gram beras
2000 ml kaldu yang dibuat dari tulang ayam
1 sdt garam
1 daun salam

Bahan Kuah:
Paha ayam yang sudah dimemarkan tulangnya sebanyak 2 buah
½ sdm garam
1 blok kaldu ayam
2 cm jahe memar
1000 ml air bersih
Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
6 siung bawang merah
2 buah kemiri yang disangrai
3 butir bawang putih
1cm kunyit yang sudah dibakar
½ sdt tumbar
¼ sdt pala bubuk
½ sdt merica bubuk
Topping atau pelengkap
Kerupuk
Kecap manis
Kedelai goreng
Seledri iris halus secukupnya
Bawang goreng

Setelah semua bahannya sudah siap Anda tinggal membuat resep bubur ayam yang enak dan praktis ini, caranya yaitu:
  • Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat bubur ayam adalah membuat buburnya terlebih dahulu. Rebuslah beras bersama kaldu ayam, garam, dan diberi daun pandan. Selama proses perebusan beras harus terus diaduk agar tidak berkerak. Setelah menjadi bubur atau sudah kental silahkan untuk disisihkan.
  • Setelah bubur sudah jadi, Anda tinggal membuat kuahnya. Haluskan bumbu dengan blender ataupun secara manual lalu tumis dengan minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu sampai tercium bau harum bumbu. Kemudian masukkan air kaldu ayam yang sudah dicampur dengan jahe. Aduk semua bahan tadi sampai warnanya berubah. 
  • Resep bubur ayam tahapan selanjutnya yaitu tambahkan air pada bumbu tadi. Selain itu, masukkan juga kaldu ayam, ayam yang sudah dimemarkan, dan juga garam. Masak sampai mendidih diatas bara api yang kecil.
  • Kemudian langkah selanjutnya dalam resep bubur ayam sederhana tahapan berikutnya yaitu angkat ayam lalu goreng sampai matang. Setelah ayam matang dan dingin di suwir-suwir yang nantinya akan dijadikan topping.
  • Langkah yang terakhir dalam resep bubur ayam ini yaitu menyajikan bubur ayam. Masukkan bubur yang sudah matang tadi di mangkok kemudian siram dengan kuah secukupnya dan beri topping berupa bahan pelengkap yang sudah disediakan. Bubur ayam ini enak dimakan sewaktu masih hangat.

Bagaimana, mudah dan simpel bukan resep bubur ayam ini? Anda bisa membuat bubur ayam sendiri ataupun untuk merintis usaha bubur ayam. Resep ini merupakan resep bubur ayam spesial yang harus Anda coba. Anda bisa menambahkan jumlah porsi berasnya dan bahan-bahan yang lainnya jika Anda ingin menambah jumlah porsinya. Resep ini hanya untuk 2 sampai 3 mangkok saja.