Resep rendang yang enak dan lezat

Resep rendang - Siapa yang tidak mengenal kelezatan rendang. Kuliner khas Minangkabau (Sumatera Barat). Kelezatan rendang tidak hanya terkenal di Nusantara bahkan terkenal di manca Negara dengan dinobatkannya rendang sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.
Resep rendang yang enak dan lezat

Rendang juga menjadi makanan primadona di berbagai rumah makan Padang. Daging sapi yang lembut di padu dengan bumbu yang pedas gurih semakin memanjakan lidah penggemarnya. Ternyata memasak rendang membutuhkan proses yang panjang. Dimulai dengan gulai, kemudian berubah menjadi kalio kemudian baru menjadi rendang.

Jika anda penggemar rendang, tidak ada salahnya mencoba resep rendang berikut ini:
Bahan dasar resep rendang:

Daging sapi
Daging yang dipakai adalah daging sapi has. Usahakan daging sapi yang dipakai untuk membuat rendang minim lemak, karena akan merubah cita rasa rendang tersebut.

Santan
Resep rendang selanjutnya adalah penggunaan santan. Santan yang di pakai sesuai dengan jumlah daging yang digunakan.  Misal untuk 1 kilo daging menggunakan 1 kg santan. Penggunaan santan ini menggunakan santan kental dan santan cair.

Batang serai
Gunakan 2 batang serai untuk 1  kg daging sapi.
Daun jeruk purut dan daun kunyit.
Penggunaan daun-daunan ini dalam resep rendang adalah untuk menambah aroma pada masakan rendang.

Bumbu halus
Bumbu yang dihaluskan untuk membuat rendang adalah: cabai merah (optional) tergantung seberapa pedas rendang yang akan dibuat, bawang merah dan bawang putih, kemiri, jahe, laos serta garam. Semua bumbu halus ini bisa dilumurkan ke dalam daging atau bisa direbus bersama dengan santan.
Cara pengolahan untuk membuat rendang yang enak:
  • Rebus santan encer bersama bumbu yang dihaluskan di atas bersama dengan batang serai, daun kunyit serta daun jeruk purut. Aduk sesekali agar santan yang di rebus tidak pecah.
  • Masukkan daging yang telah di potong (sesuai selera) ke dalam rebusan santan tersebut. Aduk sesekali dan jika santan encer tersebut telah agak mengering masukkan santan kental dalam masakan rendang yang masih menjadi gulai.
  • Gunakan api kecil dalam mengolah masakan rendang. Aduk sampai mongering dan mengeluarkan minyak serta mulai berwarna kecoklatan.
  • Jika anda menginginkan rendang yang kering, rendang yang telah masak bisa di panaskan keesokan harinya, sampai rendang menjadi kering.

Resep rendang ini dapat dicoba di rumah. Disajikan pada saat lebaran, atau saat peristiwa penting seperti pernikahan atau ulang tahun.  

Rendang adalah kuliner khas Nusantara yang wajib kita lestarikan. Rendang tidak hanya identik dengan daging sapi. Anda bisa mengolah rendang dengan mengganti daging sapi dengan telur lebih baik menggunakan telur bebek, atau diganti dengan daging ayam.

Demikianlah resep rendang yang enak dan lezat yang dapat di praktekkan di rumah. Kreasikan rendang anda dengan bahan lain sebagai pengganti daging sapi jika anda tidak menyukai daging sapi.