Salah satu kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI adalah mengevaluasi teks pantun. Evaluasi berarti penilaian dengan memberikan penilaian atau menilai (KBBI). Penilaian merupakan proses terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan kriteria tertentu. Mengevaluasi teks pantun berarti memberikan penilaian terhadap teks pantun.
Kriteria yang dievaluasi adalah struktur teks pantun (bait, sampiran, isi, dan rima), unsur kebahasaan teks pantun (bahasa kias dan imaji), dan makna serta pesan isi dari pantun.
- Setiap pantun harus terdiri dari sampiran dan isi. Sampiran adalah dua baris pertama (awal) yang merupakan pengantar pantun. Sampiran berupa pengantar sajak/rima yang berfungsi menyiapkan rima dan irama agar memudahkan pendengar dalam memahami isi pantun.
- Isi adalah dua baris akhir pantun yang menjadi tujuan atau kesimpulan pantun. Antara sampiran dan isi terkadang tidak ada hubungan makna yang jelas. Namun, biasanya, sampiran disampaikan berupa hal-hal yang berkaitan dengan alam, budaya, dan kebiasaan hidup masyarakat sekitar. Sedangkan isi berupa tujuan dari pantun.
- Bait adalah bagian dari teks pantun yang terdiri dari beberapa baris. Bait merupakan teks harmonis yang serupa dengan satu pengertian dalam sebuah paragraf. Pada pantun, bait biasanya terdiri dari empat baris atau larik. Setiap baris atau larik biasanya terdiri dari 2-6 kata atau 8-12 suku kata.
- Rima datau sajak, yaitu bunyi-bunyi akhiran yang dihasilkan oleh huruf dalam larik dan bait sehingga menimbulkan keindahan kata, rasa, dan menimbulkan suasana khusus. Pantun memiliki pola sajak akhir a-b-a-b dan a-a-a-a.
- Bahasa kiasan atau disebut juga majas adalah gaya bahasa yang digunakan pada pantun. Bahasa kiasan adalah bahasa yang menggunakan kata-kata indah, kata-kata bukan dalam arti yang sebenarnya. Artinya, makna pada sebuah kata atau bahasa yang digunakan memiliki arti lain.
- Bahasa imaji adalah bahasa yang mengungkapkan pencitraan, gambaran, kesan, bayangan, dan imajinasi. Tujuan penggunaan bahasa imaji adalah memberikan gambaran yang jelas mengenai apa yang kita pikirkan. Bahasa imaji biasanya menggambarkan pencitraan indera, seperti pendengaran (telinga), penglihatan (mata), penciuman (hidung), rasa (hati), raba (kulit), kecap (lidah), dan gerak (tubuh makhluk hidup).
Sebagai alat pemelihara bahasa, pantun berperan sebagai penjaga fungsi kata dan kemampuan menjaga alur berpikir. Pantun melatih seseorang berpikir tentang makna kata sebelum berujar. pantun juga melatih orang berpikir asosiatif, bahwa suatu kata bisa memiliki kaitan dengan kata yang lain. Pantun menunjukkan kecepatan seseorang dalam berpikir dan bermain-main dengan kata. Secara umum peran sosial pantun adalah sebagai alat penguat penyampaian pesan.
Langkah-Langkah Mengevaluasi Teks Pantun
Langkah selanjutnya setelah selesai memproduksi sebuah teks pantun adalah mengetahui makna dari isi teks pantun tersebut. Cara untuk mengetahui makna yang ada di teks pantun dengan cara mengevaluasi sebuah teks pantun. Memahami maksud dan makna dari teks pantun tidak terlalu sulit asalkan kita berpedoman pada KKBI. Semakin berkembangnya zaman, pantun juga semakin berkembang. Berikut ini langkah-langkah mengevaluasi teks pantun.
- Bacalah teks pantun dengan irama yang tepat dan pahamilah apakah pantun itu berjenis teks pantun tradisional/klasik Melayu atau teks pantun modern.
- Lihatlah beberapa hal berkenaan dengan struktur teks pantun berikut : apakah rimanya a-b-a-b, adakah hubungan antara sampiran dan isi dilihat dari kandungan maknanya, dan apakah terdapat hubungan substansi atau tidak, atau sampiran hanya sekadar pengantar rima untuk bagian isi saja.
- Lihatlah unsur kebahasaan teks pantun sebagai berikut.: adakah bahasa kias seperti idiom, majas, peribahasa, atau kata bermakna konotasi lainnya, apakah ada citraan atau imaji. apakah pilihan kata sudah tepat dapat menimbulkan efek irama (ritme) selain rima.
- Tafsirkanlah makna teks pantun yang terdapat pada isi dan apakah pesan yang terkandung dalam bagian isi teks pantun.
- Berikanlah evaluasi/penilaian baik atau buruk terhadap teks pantun tersebut sesuai dengan kriteria teks pantun
Contoh Evaluasi Teks Pantun
No. | Contoh Pantun | Evaluasi |
---|---|---|
1. | Jika ada sumur di ladang Bolehkah kita menumpang mandi Kalau ada umur yang panjang Bolehlah kita berjumpa lagi |
|
2. | Di gudang tak ada kaca Yang ada hanyalah palu Rajinlah kalian membaca Niscaya ilmu datang selalu |
|
3. | Bunga kenanga di atas kubur Pucuk sari pandan jawa Apa guna sombong dan takabur Rusak hati badan binasa |
|
Jenis-jenis pantun antara lain pantun agama, pantun nasehat, pantun adat, pantun budi, pantun jenaka, pantun kephlawanan, pantun kias, pantun percintaan, pantun pribahasa, dan pantun teka-teki