8 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui Pengguna

Meskipun Anda mungkin menggunakan aplikasi ini setiap hari, boleh jadi ada beberapa fitur tersembunyi yang tidak Anda ketahui. Aplikasi WhatsApp (WA) di Android hingga hari ini memang sangat populer dan menjadi andalan jutaan orang di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Berikut beberapa fitur rahasia di WhatsApp yang dapat Anda banggakan (jika Anda belum melakukannya).


1. Mematikan Centang Biru

Seperti diketahui pesan di WA yang dikirim otomatis menampilkan dua tanda centang biru sebagai tanda jika sudah diterima dan dibaca penerima. Anda tidak memberitahukan kepada penerima jika Anda mengabaikannya. Atau Anda mungkin khawatir harus membalas seseorang yang tidak Anda inginkan? Jangan khawatir! Matikan centang biru menggunakan trik rahasia WhatsApp berikut ini. Masuk ke menu : Settings > Account > Privacy > Read Receipts dan dihapus tanda centang di bagian terbawah. Sekarang pesan yang Anda terima tetap belum terbaca, setidaknya untuk pengirim!

2. Menyembunyikan aktivitas online

Menyembunyikan tanda terima centang biru sebagai telah dibaca mungkin tidak benar-benar aman karena mungkin ada seseorang yang memberi tahu bahwa Anda sedang online tetapi tidak memeriksa pesan mereka. Karena itu anda perlu menyembunyikan aktifitas terakhir Anda (Last Seen) menggunakan langkah-langkah mudah ini. Masuk ke menu Settings > Account > Privacy > Last Seen. Ganti setting Last Seen ke Nobody. Selesai! semudah itu untuk bersembunyi! Sekarang Anda bisa online atau offline kapan pun Anda mau tanpa diketahui siapa pun.

2. Menjalankan WA di laptop

Kala sedang sibuk di depan laptop mengerjakan tugas, Anda tentu tak mau direpotkan dengan bolak-balik mengecek pesan terbaru WhatsApp. Untunglah aplikasi milik Facebook ini pun menawarkan layanan WhatsApp Web. Dengan WhatsApp Web ini anda dapat membukanya di browser apa saja. Anda cukup masuk ke https://web.whatsapp.com/. Pertama kali menggunakan, Anda harus melakukan otentifikasi dengan menscan barcode dari aplikasi WA di smartphone. Dari aplikasi WA di ponsel, masuk ke Settings > WhatsApp Web dan pindai kode yang ditampilkan di layar laptop.

3. Buatlah poin pesan Anda dalam huruf tebal

Memberikan instruksi khusus atau hanya ingin membuat poin isi pesan Anda terlihat mencolok agar penerima lebih perhatian, coba buat menjadi Bold atau cetak tebal. Trik WhatsApp sederhana ini bisa dibuat dengan meletakkan tanda bintang di kedua sisi kata yang ingin dibuat tebal. Misalnya * ini * dan voila! kata ini sudah menjadi tebal dan terlihat mencolok dari kata-kata lain.

4. Tekankan pesan menggunakan huruf miring

Bukan hanya membuatnya menjadi bercetak tebal, Anda juga dapat mencetak miring teks tersebut. Trik tersembunyi WhatsApp ini pun tak kalah simpel, tambahkan garis bawah pada kedua sisi kata seperti _this_ dan Anda akan mendapatinya sudah tercetak miring.

5. Mencoret pesan seperti seorang profesional!

Anda dapat dengan mudah mencoret teks dari pesan yang Anda kirim di WhatsApp. Trik menarik perhatian pembaca ini hanya dengan menambahkan tanda ~ mengapit kata yang akan diberikan efek coretan. Misalnya : ~ seperti ini ~

6. Mengirim pesan lebih cepat ke sahabat dekat

Tidak bisa berhenti sejenak saja tanpa berkomunikasi dengan sahabat dekat? Fitur tersembunyi WA yang satu Ini sangat berguna. Anda tinggal membuat pintasan (shortcut) dari kotak obrolan sahabat dekat Anda untuk ditempatkan tepat di layar Homescreen. Triknya, tekan lama pada obrolan yang diinginkan sehingga akan meluncurkan beberapa opsi, termasuk tab 'Add chat shortcut'.Kini berbagi gambar dan gosip menjadi lebih cepat dan mudah dengan sahabat dekat.

7. Beri bintang pesan Anda

Anda tidak perlu kesulitan mencari pesan yang dikirimkan oleh someone special cepat atau pesan penting tentang lembar atau catatan ujian. Cukup tambahkan tanda bintang (Star Messages) pada pesan tersebut dan lihat semuanya sekaligus di kolom pesan khusus. Cukup tap lalu tahan pesan yang akan disimpan, setelahnya tekan ikon bintang di bar atas. Anda bisa membacanya lagi dengan mengetuk ikon tiga titik di halaman depan, kemudian ketuk Starred Messages.

8. Melacak posisi teman

Canggihnya WA, Anda bisa dengan mudah mengetahui posisi terkini seseorang apakah itu pacar, teman atau anak anda lewat fitur Live Location. Cukup sentuh ikon Attachment > Location > Share live location. Berikutnya tentukan panjang Live Location yang dikehendaki.