Cara Memperbaiki Memori Card MMC yang Rusak

Memory Card di ponsel yang mendadak tak bisa terdeteksi tentu membuat jengkel. Kendati saat ini banderol kartu MMC (Multi Media Card) ini kian terjangkau namun bukan masalah kartunya tapi isi di dalamnya. Lebih-lebih bila aneka data seperti foto, video dan juga file musik yang tersimpan di dalamnya cukup penting dan memiliki nilai kenangan.

Jangan dulu dicampakkan ke tempat sampah, cara cara memperbaiki memori card MMC yang rusak berikut ini patut untuk dicoba baik itu memori ponsel, kamera dan lainnya :

1. Gunakan penghapus pensil
Pertama ambil kartu MMC dari slotnya, namun anda harus mematikan ponsel terlebih dulu sebelum melakukannya. Kartu memori memiliki bilah-bilah lempengan tembaga berwarna emas, nah bagian itu yang perlu ditangani. Gunakan penghapus pensil berkualitas baik untuk menggosok bagian lempeng tembaga itu. Lakukan dengan pelan-pelan beberapa kali, bersihkan sisa-sisa penghapus dengan meniupnya. Ulangi langkah ini sekali lagi untuk mematikan permukaan lempengan tembaga tadi bersih dari endapan debu yang menempel. Kini masukkan kartu MMC ke slotnya dan coba hidupkan kembali ponsel, cek apakah kartu MMC sudah berfungsi dengan semestinya.

2. Menghapus kartu MMC
Saat perangkat hidup, buka menu Options - Memory - Total Space - Repair. Atau untuk smartphone Android, masuk ke Setting - Storage - Erase SD Card. Langkah ini adalah proses menghapus semua data yang ada di dalamnya sehingga kondisinya kini 100 % free space. Meski tak menjamin, namun langkah ini patut untuk dicoba asal kartu tak dalam kondisi rusak secara fisik.

3. Tangani dengan komputer
Koneksikan smartphone ke laptop atau komputer memanfaatkan kabel data. Ubah mode di smartphone anda ke mass storage mode dan tak dalam mode media transfer. Lewat menu Windows Explorer, lakukan klik kanan di drive MMC kemudian klik Properties - Tools - Error Checking, biarkan hingga selesai. Berikan checklist ke seluruh opsi. Sebelum mencabutnya dari komputer, lakukan Eject.

4. Backup kartu MMC
Bila cara memperbaiki memori card MMC di atas belum juga menunjukkan hasil memuaskan, dan saat terhubung ke laptop muncul notifikasi error maka gunakan langkah berikut. Buat new folder di harddisk sebagai lokasi menyimpan hasil backup kartu MMC yang bermasalah. Lakukan Copy semua isi kartu MMC ke folder baru tadi. Selanjutnya lakukan format pada kartu MMC dengan cara klik kanan ke drive kartu MMC. Klik opsi format dan berikan tanda checklist ke opsi FAT16. Klik Start dan kartu memori mulai diformat, klik tombol Close setelah selesai. Berikutnya Copy kembali file hasil backup tadi ke kartu memori. Cek kartu memori lewat ponsel, sudahkah terbaca? Jika masih juga bermasalah, sepertinya kartu memang sudah rusak secara fisik dan harus diganti dengan yang baru.